"Kemenangan itu sesungguhnya akan datang bersama dengan kesabaran, Jalan keluar datang bersama dengan kesulitan.Dan dalam setiap kesuitan itu pasti ada kemudahan, AMIEN " Kumpulan Coretan Qu

Sekolah = Racun ala Bob Sadino dalam berbisnis

.


Judul Sekolah = Racun admin Coretan'Qu kutib dari buku Belajar Goblok dari Bob Sadino. Sebuah buku yang membuat tecengang dan mematahkan segala teori-teori yang saya sudah pelajari. Kalau Anda jujur pasti Anda sependapat dengan saya bahwa untuk meraih sukses (baca: kaya) hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah menempa ilmu di bangku sekolahan setinggi-tingginya, kuliah mencari gelar S1, S2 dan mencari pekerjaan yang layak sesuai dengan tingkat pendidikan yang kita punya... ya tho...??? kalo Anda diam berarti saya anggap anda setuju dengan saya..... he he he..

berbeda dengan Om Bob (panggilan Bob Sadino), menurut beliau "Sekolah yang terbaik adalah sekolah kehidupan, sekolah jalanan, sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya untuk mengeksplorasi dengan leluasa". Untuk lebih jelasnya mari kita simak lingkaran kuadrant RBS (Roda Bob Sadino)




:: Pada kuadrant pertama kita temukan adalah kampus ::
Dikuadrant ini biasanya seseorang mendapatkan banyak sekali teori-teori dengan berbagai analisa dan pertimbangan namun sedikit sekali praktik. nah giliran dipraktekkan di Jalanan/masyarakat (kuadrant 2) banyak sekali yang tidak cocok, katakanlah hanya 2-3% yang cocok. hal ini dikarnakan informasi yang kita pelajari disekolah sudah tidak Up to date lagi. apa hal yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini. seseorang yang berada pada kuadran pertama ini biasanya balik lagi ke kampus, untuk mempelajari teorinya dan setelah paham - bukan hanya tahu- dia kembali lagi mempraktekkan di masyarakat. hal ini dilakukan secara terus menerus......
kuadarant ini biasanya dihuni oleh:Mahasiswa, Sarjana, Dosen,Dekan.


:: Berbeda dengan orang Jalanan (kuadrant 2) ::

seseorang yang berada di kuadran ini langsung memraktekkan sesuatu, bahkan mungkin tanpa teori sedikitpun. setelah mereka mentok baru dia belajar teorinya bisa dari kampus(kuadran 1) atau mengali informasi dari berbagai media,misalnya: lewat internet, majalah dan lain-lain. lalu setelah dapat teori yang dibutuhkan langsung dipraktekkan, kalo tetep g bisa cari lagi informasi dan dipraktekkan lagi sampai akhirnya B-I-S-A. "BISA KARENA BIASA, BISA KARENA TERUS REPETISI MELAKUKAN SESUATU".

Dalam bukunya Om Bob mencotohkan seperti orang yang belajar menembak, di beri 10 peluru dan langsung praktek selama 10 minggu. pekan pertama mungkin pelurunya meleset semua, pekan kedua mungkin ada satu peluru yang tepat sasaran, pekan ketiga bisa jadi tetep aja satu peluru yang tepat sasaran atau tidak menutup kemungkinan 3 peluru yang tepat sasaran. terus berlatih sampai akhirnya pada pekan ke-10, dia sukses menembakkan 10 peluru kesasaran.

:: Kuadarant 3 (jagoan/Ahli) ::

pada kuadrant ini biasanya terjadi pada seseorang yang telah Bisa dan terbiasa terhadap sesuatu yang di tekuni sehingga menjadi terampil, dan ahli untuk mendukung tentunya dia harus selalu update informasi tentang apa yang di tekuni sehingga dia selalu jago dan ahli di bidangnya.

seperti contoh diatas; seseorang yang telah bisa menembak 10 peluru dengan tepat sasaran, mungkin akan meningkatkannya dengan menembak 10 peluru dengan mata tertutup. dalam proses pembelajarannya dia akan menggali informasi lagi, berbagai teori di pelajari lagi sampai akhirnya dia berhasi menembakkan 10 peluru tepat sasaran dengan mata tertutup. kalo sudah begitu orang ini bisa disebut jago/ahli di bidangnya.


:: Kuadrant 4 (Profesional) ::
Seseorang yang sudah dikatakan ahli biasanya akan meningkatkkan kapasitas dirinya menjadi Profesional, pada kuadarant ini biasanya berbagai tekanan datang, berbagai pertanyaan datang seputar tentang ke ahliannya. katakanlah sebagai nara sumber. ada sebagian pertanyaaan yang bisa 100% dijawab dan ada yang tidak..... katakanlah cuma 99%. trus dimana mencari sisanya untuk menyempurnakan keahliannya?????
seseorang profesional akan mencari jawabannya di Kampus (kuadrant 1)yang berisi banyak teori dan informasi. setelah ketemu maka akan dipraktekkan di jalanan lagi....
begitu seterusnya sehingga RBS (Roda Bob Sadino) akan berputar di sepajang kehidupan.

yang patut kita renungi:
banyak orang kaya yang hanya tamatan SMA, bahkan g lulus sekolah..... hanya karna kegigihannya, ketekunannya, kenekatannya, kengenyelannya dan kesabarannya akhirnya mereka bisa sukses... mengalahkan orang-orang yang tinggi pendidikannya.

apa yang menjadi sebab???? Kebanyakan orang yang berpendidikan tinggi tu sok keminter......, mau bisnis ini di itung-itung dulu, dipikir-pikir dulu, kapan balik modal, gimana caranya profit banyak, prospek pasarnya gimana ..... kebanyakan mikir akhirnya g jadi. KEpinteren jadi keblingger.. he he he he

Beda lagi dengan orang goblok dia gak banyak mikir langsung praktek yang penting gimana barangnya terjual..... dan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terpenuhi....
kalo g tahu ya tanya yang ahlinya dong...... lalu praktekkan lagi
kalo g da pasarnya... ya ciptakan pasar itu sendiri...... perkenalkan produk.... dlll.. gitu aj ko'repot...
he he hee..

bagaimana menurut Anda...??????



Jangan Lupa Baca juga yang dibawah ini...

7 komentar:

distributor sprei mengatakan...

thaks Gan your blog nice and helpful, best regards and greetings successful blogger
sprei

distributor sprei mengatakan...

gan thank you good info and helpful blog, greetings and salutations successful bloggers from the blog dsm

Rifaldhi AW mengatakan...

Wkwkwkwk.., -)) emang keren tuh orang. Jempol gede buat abang bob sadino sama admin yg nulis nih post. :))

Numpang link ya : http://rifaldhiaw.blogspot.com/

sibatmen mengatakan...

sekolah itu penting, jangan ngawur~

kuliah itu perlu, bukan penting~

Akhmad Bayhaqi mengatakan...

Yg pd kuliah jembut smua

Akhmad Bayhaqi mengatakan...

Kuliah jembut

Sage Harman mengatakan...

Hi,

My name is Sage and I have really enjoyed reading your blog. I love how useful a lot of your topics are. I was wondering if we could exchange shout-outs. Would you please consider mentioning my website on your next post? I’ll be sure to mention yours on my blog. Thanks and hope to hear from you soon!

Cheers, ;))

Sage
sage.harman123 at gmail.com

smartphone

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

tulis komentar

 

Tukeran Link YUk...!!!!!



Ayo Tukar banner…!
atau link dibawah ini
Coretan'Qu

Silahkan copy kode di atas…!

Subscribe to CORETAN QU by Email

TRAFFIC

powered by PRBbutton
free counters




Free Automatic Backlink
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory

follow me here.... I will Follow U 2

Coretan'Qu is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com